Jika Tanggung Jawab HR yang Sesungguhnya Bukan Melakukan Pekerjaan Administrasi, Lalu Apa?

solusi hris

 

HR melakukan segalanya untuk karyawan. Namun apa artinya itu? Karena adanya ambigu mengenai peran HR dalam perusahaan, HRD diberikan banyak tugas yang sebenarnya bukan merupakan tanggung jawab HRD. Dan, kebanyakan dari tugas tersebut adalah melakukan tugas-tugas yang tidak diinginkan oleh karyawan lain, seperti mengurus asuransi kesehatan karyawan, pinjaman karyawan, absensi dan gaji karyawan.


Semua aktivitas di atas memakan nyaris seluruh jam kerja HR, bahkan kadang jam kerja tersebut masih tidak cukup sehingga HR harus bekerja ekstra dengan lembur. Sudah saatnya HR melakukan tanggung jawab mereka yang sesungguhnya untuk perusahaan. Di antara tanggung jawab yang ada, apa saja tanggung jawab utama HRD?


Mewujudkan rekrutmen yang lebih baik
Masuknya talenta-talenta yang tepat sangat penting untuk vitalitas perusahaan. HR memiliki tanggung jawab untuk mencari cara menarik kandidat-kandidat yang berkualitas untuk lowongan-lowongan yang tersedia, dengan memberikan penawaran menarik yang digabungkan dengan teknik seleksi yang tepat.


Mewujudkan perkembangan workforce yang lebih baik
Peran perusahaan atau manajer adalah mendukung workforce untuk mengoptimalkan potensi mereka. HR memiliki tanggung jawab untuk menyediakan tools dan cara-cara untuk melakukannya, dengan memberikan akses kepada program-program yang bertujuan untuk meningkatkan keahlian dan potensi agar tujuan perusahaan tercapai.


Memastikan informasi management yang akurat secara real time
Informasi tentant management adalah bagian vital dari setiap management. Ada banyak hal yang terkandung di dalam informasi management tersebut, seperti seberapa besar kerugian perusahaan akibat karyawan yang absen, apakah ada selisih besar gaji antar gender, bagaimana menekan biaya operasional akibat lembur, dll. Informasi seperti ini sifatnya harus akurat dan dapat diakses secara real time. Akurasi dan akses real time lah yang membuat informasi memiliki value.


Mengurangi pekerjaan HR yang administratif dan manual
Banyak kewajiban di dalam planet HR yang bersifat sangat administratif dan masih dilakukan secara manual. Pekerjaan demikian sangat menguras tenaga. Alangkah baiknya jika HR mulai memanfaatkan teknologi untuk mengotomatisasi kebanyakan, jika tidak semua, pekerjaan administratif dan manual tersebut, sehingga waktu dan sumber daya HR yang tersedia bisa digunakan dengan lebih efektif.


Sebagian dari tanggung jawab di atas membutuhkan bantuan teknologi. Memanfaatkan Human Resource Information System (HRIS) yang modern sangatlah penting. HRD di perusahaan sebaiknya difasilitasi oleh HRIS terkini yang dapat membantu profesional HR mempersiapkan laporan yang informatif dan akurat serta memiliki fitur seperti self-service dan otomatisasi workflow yang dapat mengurangi paperwork, menghemat waktu serta memberikan akses kepada pihak manajemen terkait untuk memantau personal record karyawan.


Hanya dengan menggunakan kecanggihan teknologi HRD dapat menjadi semakin relevan dan valuable bagi perusahaan. Dapatkan solusi HRIS SIAP+P dengan menghubungi Feti di 021 386 1772 atau melalui email ke This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. .

Latest News

Solusi HRIS SIAP+P Mendapat Penghargaan Top HC/HR Solution 2017

 

Pada tanggal 31 Oktober 2017 Kementerian Komunikasi dan Informasi, yang bekerja sama dengan ...

Readmore

APAC CIO Outlook Magazine

PT Realta Chakradarma featured as TOP 50 Most Promising Microsoft Solution Provider 2016 - CIO ...

Readmore

Close Off Implementation SIAP+P di PT Unza Vitalis

Sebagai market industri kosmetik yang sangat besar, Indonesia membuka peluang yang lebar bagi para ...

Readmore

Mercure Cikini Gunakan SIAP+P

Kawasan Cikini, Jakarta, dikenal  sebagai pusat perdagangan kota dengan daya tarik tersendiri. ...

Readmore

Close Off Implementation SIAP+P di Ibis Manado

Sebagai kota dengan industri pariwisata yang terus bertumbuh, Manado semakin dikenal dan diminati ...

Readmore