4 Tips Meningkatkan Produktivitas HR

tips meningkatkan produktivitas hr

 

Para pelaku bisnis sangat menyukai kata ‘produktivitas’. Tapi bagaimana caranya Anda meningkatkan produktivitas HR? Ada 4 tips yang bisa Anda lakukan:


Menggunakan teknologi HR
Teknologi harus dipandang sebagai alat untuk mempermudah pekerjaan sekaligus sebagai sebuah enabling tool yang mentransformasi suatu proses kerja yang rumit dan bertele-tele menjadi sederhana, cepat dan praktis.


Dan, pada saat Anda ingin memperkerjakan profesional HR, Anda sebaiknya mencari orang yang bisa dengan mudah beradaptasi dengan teknologi. Bagaimana teknologi tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin? Setelah sebagian besar tugas administratif HR diambil alih oleh teknologi, langkah apa yang selanjutnya harus dilakukan oleh HR untuk dapat berkontribusi terhadap kemajuan perusahaan?


Menjadi ahli HR bukan penyedia layanan HR
Profesional HR sering memiliki fokus customer service yang terlalu kuat. Saat pemimpin perusahaan membutuhkan sesuatu, HR berkewajiban memenuhinya. Yang menjadi masalah adalah, pemimpin perusahaan terkadang kurang memahami isu-isu yang ada dan bagaimana mengatasinya. Misalnya, mereka meminta report detail tanpa mempertimbangkan waktu yang diperlukan untuk mempersiapkan laporan tersebut dan bahwa sebenarnya laporan tersebut tidak terlalu dibutuhkan pada akhirnya.


Jika Anda merupakan penyedia layanan, Anda melakukan yang terbaik untuk membantu walaupun hal itu kurang produktif. Namun, jika Anda melihat diri Anda sebagai ahli HR, Anda akan bertanya demikian: masalah apa yang ingin kita atasi? Apa isu sebenarnya?


Bukannya Anda ingin menghindari pekerjaan tersebut, namun Anda perlu memastikan bahwa keahlian dan waktu berharga yang Anda miliki digunakan untuk melakukan sesuatu yang benar-benar produktif.


Mencegah ‘kebakaran’
HRD di beberapa perusahaan tampaknya terjebak untuk selalu menjadi divisi yang mencegah ‘kebakaran’. Jika selalu HR yang berupaya memadamkan api, maka ada sesuatu yang salah. Jika terjadi masalah, masalah tersebut belum tentu merupakan kesalahan HR, namun HR yang diminta bertanggung jawab menemukan cara untuk memadamkan dan mencegah api tersebut agar tidak timbul lagi. Anda mungkin bisa menanyakan ini: apakah kita benar-benar harus mengesampingkan pekerjaan utama kita, atau isu tersebut bisa menunggu? Atau, seperti ini pertanyaan yang sebaiknya diajukan: apa yang bisa dilakukan agar krisis tersebut tidak muncul lagi nantinya?


Mencatat progress
Tips terakhir jika Anda ingin tetap termotivasi saat berusaha meningkatkan produktivitas adalah dengan mencatat progress apa saja yang telah terjadi dan bagaimana progress tersebut telah menjadikan HRD semakin produktif. Dengan mencatat progress, Anda dapat memantau dan terkagum-kagum dengan produktivitas yang meningkat seiring berjalannya waktu.

Latest News

Solusi HRIS SIAP+P Mendapat Penghargaan Top HC/HR Solution 2017

 

Pada tanggal 31 Oktober 2017 Kementerian Komunikasi dan Informasi, yang bekerja sama dengan ...

Readmore

APAC CIO Outlook Magazine

PT Realta Chakradarma featured as TOP 50 Most Promising Microsoft Solution Provider 2016 - CIO ...

Readmore

Close Off Implementation SIAP+P di PT Unza Vitalis

Sebagai market industri kosmetik yang sangat besar, Indonesia membuka peluang yang lebar bagi para ...

Readmore

Mercure Cikini Gunakan SIAP+P

Kawasan Cikini, Jakarta, dikenal  sebagai pusat perdagangan kota dengan daya tarik tersendiri. ...

Readmore

Close Off Implementation SIAP+P di Ibis Manado

Sebagai kota dengan industri pariwisata yang terus bertumbuh, Manado semakin dikenal dan diminati ...

Readmore