Saatnya HR Berubah dari Transaksional menjadi Transformatif

solusi hris untuk hrd

 

Jika fokus utama dari HRD adalah sumber daya perusahaan, Anda kehilangan kesempatan untuk memberikan dampak positif terhadap karyawan di perusahaan serta bisnis perusahaan itu sendiri. Sudah ada pernyataan di luar sana yang menyatakan bahwa HR tak lagi dibutuhkan dalam perusahaan. Pernyataan ini bisa jadi benar jika HR tidak mulai menunjukkan value-nya bagi perusahaan. HR kehilangan value-nya saat:


Anda berpikir sesuatu yang sifatnya basic
Aktivitas transaksional sangat mudah untuk didefinisikan. Transaksi berarti memindahkan sesuatu dari tempat yang satu ke tempat yang lain. Sifatnya reguler, konstan dan berorientasi pada proses. Dengan kata lain, transaksional itu basic. Aktivitas transaksional mendukung kegiatan sehari-hari karyawan di perusahaan, mulai dari administrasi sehubungan dengan benefit karyawan hingga meninjau kebijakan perusahaan. Aktivitas transaksional HR memang diperlukan, namun value HR jauh melebihi itu.


Untuk mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menangani aktivitas transaksional, Anda dapat dengan mudah memanfaatkan Human Resource Management System (HRMS). Sistem tersebut dapat membantu Anda menggabungkan semua proses administratif dalam wadah yang sama. Pemanfaatan sistem untuk aktivitas transaksional sangatlah efisien, baik dari segi waktu maupun biaya.


Dalam aktivitas transaksional memang terdapat yang namanya value. Transaksi mendukung keperluan-keperluan dasar perusahaan dan karyawan. Namun, jika transaksi bisa diambil alih oleh sistem, HR memiliki lebih banyak ruang untuk merancang strategi yang mendukung pertumbuhan perusahaan.


Anda berpikir sesuatu yang bukan bersifat jangka panjang
Anda membutuhkan tujuan-tujuan strategis. Setiap orang berbicara mengenai menjadi strategis, namun apa artinya itu? HR seharusnya melengkapi strategi perusahaan melalui tujuan-tujuan jangka panjang yang didukung dengan pelaksanaan langkah-langkah fungsional HR. Dengan berbagi konsep strategis HR dengan pemimpin perusahaan, HR meningkatkan value-nya sehingga menjadi partner strategis perusahaan.


Seperti apa itu sesuatu yang sifatnya jangka panjang? HR dapat memikirkan strategi untuk menciptakan engaged workforce serta mencari cara terbaik untuk menemukan dan merekrut talenta terbaik yang dapat membantu perusahaan menjadi yang terkemuka dalam industrinya. Pemahaman akan kompetensi utama dan kapabilitas yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut berarti menyediakan waktu bersama dengan pemimpin perusahaan untuk mengembangkan strategi dan mulai melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.


Apabila selama ini Anda tidak punya waktu untuk engage dengan kepemimpinan, Anda tidak sendirian. Keluhan paling umum di antara karyawan HR adalah terlalu banyaknya pekerjaan administratif yang harus dilakukan, sehingga mereka tidak bisa melakukan pekerjaan mereka yang sesungguhnya sebagai partner perusahaan. Pisahkan pekerjaan yang sifatnya transaksional dan administratif. Biarkan HRMS yang menangani pekerjaan-pekerjaan tersebut agar Anda dan tim memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada tujuan perusahaan dan mendapatkan talenta untuk mewujudkan visi jangka panjang perusahaan.


Anda berpikir misi perusahaan adalah pekerjaan CEO
Apakah Anda menunggu instruksi dari CEO sehubungan dengan strategi yang bisa diterapkan untuk kemajuan perusahaan?


Jika Anda benar-benar seorang ahli yang memiliki kredibilitas dalam talent management, Anda direkrut perusahaan untuk membagikan pengetahuan yang dapat membantu menjaga keberlangsungan misi dan tujuan perusahaan. Memang benar bahwa CEO menyampaikan visinya, namun tugas Anda lah sebagai profesional HR untuk bekerja berdampingan dengan CEO dan tim eksekutif untuk berkontribusi terhadap strategi yang akan mendukung terwujudnya visi tersebut.


Dengan membebaskan diri dari pekerjaan transaksional, Anda dan tim dapat mendukung penuh tujuan jangka panjang perusahaan dan mengambil tindakan untuk membuat tujuan tersebut menjadi kenyataan.


Jika yang dibutuhkan oleh HR untuk dapat memberikan value kepada perusahaan adalah dengan tak lagi melakukan pekerjaan transaksional, maka itulah yang harus Anda lakukan. Sudah saatnya HR berubah dari transaksional menjadi transformatif.

Latest News

Solusi HRIS SIAP+P Mendapat Penghargaan Top HC/HR Solution 2017

 

Pada tanggal 31 Oktober 2017 Kementerian Komunikasi dan Informasi, yang bekerja sama dengan ...

Readmore

APAC CIO Outlook Magazine

PT Realta Chakradarma featured as TOP 50 Most Promising Microsoft Solution Provider 2016 - CIO ...

Readmore

Close Off Implementation SIAP+P di PT Unza Vitalis

Sebagai market industri kosmetik yang sangat besar, Indonesia membuka peluang yang lebar bagi para ...

Readmore

Mercure Cikini Gunakan SIAP+P

Kawasan Cikini, Jakarta, dikenal  sebagai pusat perdagangan kota dengan daya tarik tersendiri. ...

Readmore

Close Off Implementation SIAP+P di Ibis Manado

Sebagai kota dengan industri pariwisata yang terus bertumbuh, Manado semakin dikenal dan diminati ...

Readmore